11 May 2022

Kenali Jenis-Jenis Perkakas Rumah Tangga Berikut Ini!

Kenali Jenis-Jenis Perkakas Rumah Tangga Berikut Ini!

Perkakas rumah tangga merupakan barang yang sangat penting untuk dimiliki dalam rumah. Perkakas dapat memudahkan Anda melakukan banyak hal secara mandiri tanpa harus mengeluarkan biaya untuk tukang. Berikut ini adalah beberapa jenis perkakas rumah tangga yang perlu Anda ketahui:

Obeng

obeng plus-minus

Obeng berfungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan sekrup atau baut. Macam-macam jenis obeng adalah flathead, obeng ratchet, obeng philips, obeng torx, obeng elektrik, obeng hex, obeng robertson, obeng clutch head, obeng fleksibel, dan obeng tri point. Anda perlu memiliki minimal salah satu dari beragam jenis obeng tersebut.

Simak ulasan lengkap tentang jenis-jenis obeng yang harus Anda miliki di rumah, 10 Jenis Obeng yang Harus Anda Ketahui dan Miliki di Rumah

Palu

palu konde

Palu adalah alat yang dapat memberikan efek tumbukan saat memukul sebuah bidang tertentu. palu bermanfaat untuk menancapkan paku pada suatu objek. Sebagai contoh, digunakan untuk memasangkan paku untuk memajang foto dan hiasan pada dinding rumah.

Palu memiliki beragam jenis, yaitu palu bulat atau palu konde, palu muka ganda, palu cakar, palu terak, palu godam/palu kepala batu, palu inspeksi, palu daging, palu tembaga, palu pemecah kaca, dan palu karet.

Simak ulasan lengkap tentang jenis-jenis palu yang harus Anda miliki di rumah, Jenis dan Kegunaan Palu

Gunting Seng

gunting seng

Gunting seng adalah alat yang digunakan oleh para tukang untuk memotong seng, kawat, batang besi, maupun baja ringan dengan ketebalan 1,2mm sampai 2mm, gunting ini digunakan sebagai alternatif jika Anda tidak memiliki mesin pemotong. Ukuran gunting seng ini lebih besar daripada gunting pada umumnya karena didesain khusus untuk memotong benda yang keras.

Sebelum Anda membeli gunting seng, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini:

Mengetahui Karakteristik Gunting Seng

Karakteristik gunting seng yang beredar di pasaran biasanya memiliki panjang sampai 25 cm, dengan besar 10 inch, diameter kepala gunting 17 mm, dan geriginya berukuran 2 mm. Gunting seng biasanya berbahan chrome vanadium atau CR-V.

Mengetahui Berbagai Macam Bentuk Gunting Seng

Sebelum membeli gunting seng, Anda harus mengetahui bentuk gunting yang akan Anda butuhkan. Bentuk gunting seng ada yang berkepala gunting lurus, dan ada yang bertipe kepala bengkok. Gunting seng dengan kepala lurus sangat cocok digunakan untuk semua jenis seng dengan ukuran yang berbeda.

Melakukan Survei Harga

Jangan lupakan untuk melakukan survey harga sebelum membeli sebuah barang, terlebih untuk membeli gunting seng. Anda dapat melakukan survei harga online melalui beberapa marketplace untuk mengetahui kisaran harga pasti sebuah gunting seng. Dengan begitu, ketika Anda membelinya di toko, Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal dibanding harga pasarannya.

Simak ulasan lengkap tentang gunting seng yang harus Anda miliki di rumah, Fungsi Gunting Seng

Waterpass

waterpas

Waterpass adalah sebuah alat yang digunakan dalam kegiatan konstruksi. Waterpass ini digunakan untuk mengukur posisi bangunan, apakah bangunan tersebut sejajar, baik secara vertikal maupun horizontal supaya pijakan bangunan stabil. Waterpass biasanya terbuat dari kayu atau aluminium. Jenis waterpass ada tiga, yaitu waterpass manual, waterpass digital, waterpass level.

Waterpass ini berfungsi membuktikan level sejajar dan tegak lurus sebuah benda terhadap permukaan, memastikan pondasi bangunan tidak miring, memastikan pondasi bangunan sesuai dengan sketsa yang telah dibuat. Selanjutnya, waterpass berfungsi untuk menjadi patokan pembangunan konstruksi yang akurat pengukurannya.

Simak ulasan lengkap tentang waterpass yang harus Anda miliki di rumah, Apa itu Waterpass? Fungsi, Cara dan Penggunaannya

Gergaji

gergaji

Gergaji merupakan salah satu perkakas yang bermanfaat. Gergaji memiliki beragam jenis yang berbeda, yaitu gergaji triplek, gergaji tangan, crosscut saw, gergaji punggung/gergaji sudut, keyhole saw, gergaji besi, gergaji jepang, gergaji rantai, scroll saw, miter saw, jig saw, circular saw, veneer saw, flooring saw, dan gergaji serbaguna.

Beragam jenis gergaji tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Berdasarkan ukurannya, gergaji juga ada yang berukuran kecil, sedang, sampai besar, dengan harga yang juga beragam. Jenis gergaji juga ada yang digunakan secara manual, ada juga yang berupa gergaji mesin. Gergaji mesin lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.

Simak ulasan lengkap tentang gergaji yang harus Anda miliki di rumah, Beragam Jenis Gergaji yang Perlu Anda Ketahui dari Sekarang!

Tang

tang

Tang merupakan salah satu perkakas yang memiliki peran penting dalam dunia pertukangan. Tang berfungsi untuk memudahkan dalam memperbaiki suatu jenis peralatan. Tang memiliki beragam jenis, yaitu tang potong (diagonal plier), tang cucut/tang lancip (long nose plier), tang kombinasi (linesman plier), tang SPI (snap ring plier), tang rivet, tang kakatua (tower pincer), tang slip joint, tang buaya (locking grip pliers), tang press skun, tang model crimping, tang hidrolik, tang buaya, dan tang ampere.

Simak ulasan lengkap tentang tang yang harus Anda miliki di rumah,

1. Kenali Bermacam-macam Jenis Tang dan Fungsinya

2. Macam Macam Tang - Beda Jenis, Beda Fungsi Lho!

3. Jenis-jenis Tang Yang Perlu Kamu Ketahui

Alat Tukang Modern dan Tradisional

perkakas tradisional

Sumber: pexels.com

Dalam mengerjakan sebuah pengerjaan konstruksi, seringkali digunakan beragam perkakas atau alat tukang. Perkakas atau alat tukang yang digunakan ada yang berupa alat tukang modern, ada pula alat tukang yang tradisional. Perkakas yang dibutuhkan oleh pekerja bangunan biasanya digunakan untuk proses pengerjaan konstruksi yang meliputi pembangunan dan renovasi rumah, pembangunan kantor atau pusat perbelanjaan, pembangunan jalan raya, dan lain sebagainya.

Perkakas atau alat pertukangan sangat membantu para pekerja bangunan. Pemilik perusahaan konstruksi wajib membekali para pekerja bangunan dengan berbagai macam perkakas atau alat-alat pertukangan baik itu perkakas modern maupun tradisional supaya pengerjaan konstruksi dapat berjalan dengan lancar.

Perkakas atau peralatan tukang tradisional meliputi obeng, tang, palu, gunting hollow, dan meteran. Sedangkan beberapa contoh perkakas atau peralatan tukang modern seperti bor mesin, mesin serut, gergaji mesin, dan lain sebagainya.

Anda juga perlu mengetahui apa saja perbedaan alat pertukangan tradisional dengan alat pertukangan modern, supaya Anda bisa mengetahui peralatan pertukangan apa yang paling Anda perlukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah perbedaan alat tukang tradisional dan alat tukang modern.

Non Listrik dan Listrik

Alat pertukangan tradisional biasanya menggunakan tenaga manusia, sehingga membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar untuk mengerjakan sebuah pekerjaan dengan perkakas tradisional tersebut. Sedangkan perkakas modern menggunakan sistem elektrik atau listrik. Sehingga pengerjaan dengan perkakas modern ini lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu, sehingga pekerjaan bisa cepat selesai.

Hasil Pekerjaan

Hasil pekerjaan dari perkakas modern tidak kalah rapi dengan perkakas tradisional. Namun, pengerjaan dengan perkakas tradisional bisa lebih mendetail, terutama bagi mereka yang memang sudah ahli dan memiliki keterampilan khusus menggunakan perkakas tradisional untuk membuat hasil pekerjaan yang lebih estetik.

Tingkat Keamanan

Beberapa perkakas atau alat tukang modern biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni, karena perkakas atau peralatan tersebut dapat dijalankan tanpa pengawasan manusia, sehingga mengurangi risiko cedera. Sedangkan perkakas atau peralatan tukang tradisional biasanya dilengkapi sistem keamanan berupa penutup seperti penutup gergaji, dan lain sebagainya.

Keamanan masing-masing perkakas juga bergantung pada penggunanya masing-masing. Karena terkadang karena kecerobohan pengguna, perkakas yang paling aman sekalipun dapat menimbulkan cedera yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan sistem pengamanan ekstra untuk menghindari kecelakaan selama pengerjaan.

Simak ulasan lengkap alat tukang modern dan tradisional, Mengenal Alat Tukang Modern dan Tradisional

Itulah beragam perkakas atau peralatan yang Anda perlukan di rumah maupun di perusahaan konstruksi beserta dengan penjelasannya. Melalui penjelasan di atas, Anda bisa menentukan pilihan Anda untuk jenis-jenis perkakas yang benar-benar Anda butuhkan. Konsultasikan kebutuhan perkakas anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan yang kokoh dengan beraneka ragam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK