12 May 2022

Perkakas yang Wajib Anda Miliki, Simak Penjelasan Ini!

Perkakas yang Wajib Anda Miliki, Simak Penjelasan Ini!

Rumah akan menjadi lebih nyaman ketika Anda bisa melakukan banyak aktivitas dengan mudah dan nyaman, termasuk aktivitas membenahi rumah. Anda perlu mengetahui berbagai perkakas dan perabotan yang akan Anda butuhkan di rumah Anda. Karena beragam perkakas dan perabotan tersebut nantinya akan menunjang aktivitas Anda seperti memperbaiki listrik dan mesin, membuka alat yang tersegel, dan berbagai aktivitas keseharian lainnya.

Ada beberapa kategori jenis perkakas yang Anda perlukan di rumah Anda, yaitu:

Perkakas Pemotong

perkakas pemotong

Sumber: pixabay.com

Perkakas pemotong sangat diperlukan dalam keseharian Anda. Perkakas pemotong yang dimaksud antara lain gunting, pisau, gergaji, kapak, parang, dan lainnya. Perkakas pemotong seperti pisau dan utilitas lainnya sangat berguna untuk digunakan sebagai perkakas dapur, memotong tali, dan memotong benda lainnya yang Anda perlukan.

Gergaji adalah salah satu perkakas pemotong yang digunakan untuk memotong bahan yang keras seperti kayu, besi, dan PVC. Gergaji memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Perkakas pemotong lainnya adalah kapak. Kapak juga merupakan salah satu perkakas pemotong yang berguna untuk keseharian Anda, yaitu untuk memotong kayu menjadi beberapa bagian kecil, dan lain sebagainya.

Perkakas Penggerak

perkakas penggeraj

Sumber: pexels.com

Perkakas penggerak berfungsi untuk menyetel mesin dan berbagai peralatan elektronik. Barang yang termasuk perkakas penggerak adalah palu, obeng, tang, dan lain sebagainya yang akan dijabarkan di bawah ini:

Palu

Palu adalah perkakas penggerak yang memiliki fungsi untuk memasang dan mencabut paku dari berbagai permukaan benda. Palu juga bisa digunakan sebagai penghancur tembok, batu, dan benda keras lainnya.

Obeng

Obeng merupakan salah satu perkakas penggerak yang berfungsi untuk memasang, mengencangkan, atau melonggarkan baut pada beberapa barang yang Anda miliki.

Tang

Tang bisa digunakan untuk membengkokkan kawat, mengupas kabel, bahkan memotong besi atau kawat. Terdapat beragam jenis tang yang bisa Anda pilih. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Kunci Inggris

Kunci inggris merupakan salah satu perkakas penggerak yang berfungsi untuk mengencangkan atau mengendorkan mur. Banyak hal yang bisa diperbaiki dengan menggunakan kunci inggris, termasuk mur pada kendaraan yang kendur.

Bor/Mesin Bor

Memiliki bor / mesin bor di rumah sangat diperlukan untuk mendekorasi atau membenahi rumah Anda. Anda bisa melubangi dinding atau bidang datar lain dengan lebih mudah dengan menggunakan bor/mesin bor.

Perkakas Pengukur

perkakas pengukur

Sumber: pixabay.com

Perkakas pengukur berfungsi untuk mengukur berbagai bentuk benda. Perkakas pengukur bukan hanya digunakan untuk mengukur keperluan dekorasi rumah Anda, perkakas pengukur ini juga digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, dan lain sebagainya. Perkakas pengukur terdiri dari penggaris, pita ukur, amperemeter, dan voltmeter.

Pita Ukur

Pita ukur dapat digunakan dan bermanfaat bagi Anda yang senang mendekor ruangan di rumah Anda. Jika Anda ingin memasang wallpaper pada dinding rumah, Anda akan membutuhkan pita ukur ini untuk mengetahui berapa panjang dan lebar wallpaper yang Anda butuhkan untuk setiap dinding di rumah Anda.

Meteran Bangunan

Meteran merupakan salah satu perkakas pengukur yang berfungsi untuk mengukur segala macam benda dengan teliti pada sebuah proyek bangunan oleh seorang tukang bangunan.

Voltmeter

Voltmeter adalah perkakas pengukur yang memiliki fungsi untuk mengukur besaran arus listrik pada sebuah rangkaian listrik di rumah Anda. Dengan menggunakan perkakas ini, Anda bisa mengetahui besaran arus pada listrik di rumah dan menyesuaikannya.

Penggaris Besi

Penggaris besi adalah salah satu perkakas pengukur yang Anda butuhkan. Penggaris besi ini bisa Anda manfaatkan untuk mengukur dan membuat garis lurus pada bidang yang Anda inginkan. Penggaris besi ini juga bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Perkakas Pengikat

sekrup

Sumber: pixabay.com

Perkakas pengikat berfungsi untuk mengikat benda yang satu dengan benda yang lain. Perkakas pengikat ini bukan hanya berupa tali, melainkan juga berupa las, paku, lem  dan lain sebagainya yang juga berfungsi untuk mengikat atau merekatkan benda yang satu dengan yang lain.

Berikut ini adalah beberapa macam perkakas pengikat yang Anda butuhkan di rumah Anda:

Baut dan Mur

Selain menyediakan obeng dan kunci inggris, Anda juga perlu menyediakan pasangan obeng dan kunci inggris tersebut, yaitu baut dan mur. Baut dan mur memang barang yang kecil dan terkesan sepele. Namun barang tersebut akan sangat Anda perlukan jika sewaktu-waktu Anda perlu merakit meja belajar, atau membenahi beberapa barang yang ada di rumah Anda.

Paku

Paku adalah perkakas kecil yang berpasangan dengan palu. Paku memiliki banyak kegunaan, yaitu sebagai media untuk menggantung benda di tembok, untuk menyatukan potongan kayu, untuk memperbaiki perabotan rumah yang rusak, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Lem

Lem merupakan salah satu perkakas pengikat yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Lem bisa digunakan untuk merekatkan hiasan-hiasan di dinding, bisa juga digunakan sebagai media untuk merekatkan kerajinan tangan dan tugas sekolah anak. Lem juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki berbagai perabotan rumah yang rusak. Ada beragam jenis lem, Anda bisa membeli lem sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah.

Perkakas Dapur

perkakas dapur

Sumber: pixabay.com

Dapur adalah salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Perkakas dapur yang lengkap dapat menunjang aktivitas dapur yang baik. perkakas yang akan Anda butuhkan untuk aktivitas di dapur antara lain panci, wajan, spatula, teflon, dan lain sebagainya. Sedangkan peralatan dapur yang tidak boleh Anda lupakan adalah sendok, garpu, mangkok, dan piring.

Perkakas Kebersihan

perkakas pembersih

Sumber: pixabay.com

Perkakas lain yang pasti Anda butuhkan di rumah adalah perkakas yang menunjang aktivitas kebersihan di rumah Anda. Dengan perkakas kebersihan yang lengkap, rumah Anda bisa lebih mudah dibersihkan dan tetap nyaman. Perkakas kebersihan yang Anda butuhkan antara lain berupa sapu, pel, kemoceng, lap, penyikat, dan lain sebagainya.

Perkakas Multifungsi

perkakas multifungsi

Sumber: pixabay.com

Perkakas multifungsi adalah perkakas yang berfungsi untuk memperbaiki berbagai macam benda yang mengalami masalah seperti kerusakan pada benda elektronik, perabotan rumah, furniture, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa jenis perkakas multifungsi yang Anda perlukan di rumah:

Tangga Lipat Aluminium

Tangga diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan di tempat yang tinggi seperti mengganti lampu, memasang hiasan dinding di tempat yang tinggi. Tangga juga bisa digunakan untuk pijakan saat Anda ingin membersihkan langit-langit rumah Anda. Tangga lipat adalah pilihan yang tepat dan praktis, karena tidak akan memakan banyak tempat di ruang penyimpanan Anda.

Sekop

Sekop merupakan salah satu perkakas multifungsi yang wajib Anda miliki. Sekop berfungsi untuk mengaduk semen, atau bisa digunakan sebagai salah satu perkakas untuk mengambil tanah saat Anda akan berkebun.

Cangkul

Cangkul merupakan perkakas multifungsi yang bisa digunakan untuk menggali tanah dan menimbun. Jika Anda memiliki lahan yang luas dan suka bercocok tanam, maka Anda akan sangat membutuhkan cangkul dan sekop.

Itulah beberapa jenis perkakas yang wajib Anda miliki di rumah Anda. Sebelum membeli sebuah perkakas, alangkah baiknya jika Anda membuat sebuah daftar perkakas apa saja yang Anda butuhkan, dan disesuaikan dengan budget yang Anda miliki, supaya perkakas yang Anda beli benar-benar bermanfaat bagi Anda.

Untuk informasi tentang perkakas lebih lengkap lagi, bisa Anda cek pada artikel-artikel berikut ini:

  1. Alat Perkakas Tukang Lengkap dan Kuat Pakai “D-Xplore”

  2. Berbagai Macam Perkakas Tangan yang Wajib Anda Ketahui!

  3. 12 Perkakas Penting yang Wajib Ada di Rumah Baru

  4. Wajib Diketahui! Ini 18 Perkakas Tukang Bangunan yang Penting

  5. Apakah 7 Kelompok Perkakas Ini Sudah Tersedia Di Rumahmu?

  6. 20 Alat Pertukangan yang Wajib Ada di Rumah

  7. 10 Alat Pertukangan yang Harus Dimiliki dari Palu Sampai Oli!

Dan untuk mencari perkakas dengan kualitas terbaik, percayakan pilihan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat perkakas. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK