13 May 2022

Mengenal 8 Jenis Kunci Pintu yang Terbaik untuk Rumah Baru

Mengenal 8 Jenis Kunci Pintu yang Terbaik untuk Rumah Baru

Kunci pintu rumah semakin hari semakin banyak jenisnya. Dari mulai kunci konvensional, hingga kunci rumah digital. Anda bebas memilihnya dan pastinya harus menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Kunci merupakan salah satu komponen keamanan dasar yang harus dimiliki sebuah rumah. Sebab dengan adanya kunci, Anda bisa mencegah rumah dari pencurian atau tindak kejahatan lainnya.

Mungkin di antara Anda masih banyak yang belum tahu apa saja jenis kunci rumah dan masing-masing kelebihannya. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskannya secara ringkas di bawah ini.

8 Jenis Kunci Pintu Rumah Terbaik

Dalam hal memilih kunci pintu, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Selain dari tingkat keamanannya, Anda juga harus memperhatikan dari segi estetika. Apa lagi jika digunakan untuk rumah baru. Lebih baik Anda lihat masing-masing jenis dan kelebihannya berikut ini:

1. Kunci Pintu Deadbolt

Kunci pintu deadbolt

Jenis kunci deadbolt memiliki desain silinder tunggal dan ganda. Mekanisme kerjanya terpisah dari gagang pintu. Bahkan, bagian handlenya bisa berperan sebagai perangkat keamanan tambahan.

Oleh sebab itu, tingkat keamanannya cukup baik untuk rumah baru. Keunggulannya adalah kunci ini dapat mengurangi risiko orang asing yang ingin masuk secara paksa. 

2. Kunci Pintu Handleset

Kunci pintu handleset

Jenis kedua adalah kunci pintu handleset yaitu kunci yang menyatu dengan handle. Desainnya beragam dan sangat menarik, jadi dapat menunjang segi estetika rumah. Mekanisme kerjanya adalah kunci ini memiliki pegangan pada sisi eksternal. 

Lalu, pada sisi internal terdapat knop putar untuk menguncinya. Kelebihan dari jenis ini adalah dilengkapi juga dengan deadbolt. Sehingga, tingkat keamanannya lebih baik.

3. Kunci Pintu Door Knob Lock

Kunci pintu door knob

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis kunci rumah door knob lock. Jenis ini sangat umum digunakan di rumah-rumah dengan pegangan bulan yang harus diputar untuk membukanya.

Sistem keamanan door knob lock ada di gagang pintunya. Kenop secara otomatis bisa terkunci saat Anda menekannya atau Anda juga bisa menggunakan anak kunci. Keunggulannya adalah desainnya yang cocok digunakan untuk berbagai pintu. Baik eksterior maupun interior.

4. Kunci Pintu Mortise

Kunci pintu mortise

Jika Anda ingin kunci yang memiliki tampilan flat dan tidak menonjol di permukaan pintu, maka jenis mortise bisa menjadi pilihan. Bagian depan kunci jenis ini berupa pelat yang dilengkapi dengan lubang kunci.

Sedangkan bagian dalamnya memiliki tuas unik dan tidak dilengkapi dengan lubang kunci. Anda hanya perlu memutar knop pintu, maka akan terkunci secara otomatis.

Keunggulannya kunci mortise adalah memiliki keamanan yang sangat baik. Sebab, tanpa anak kunci tidak akan ada yang bisa mengaksesnya.

5. Kunci Pintu Barrel Bolt

Kunci barrel bolt berupa baut geser atau grendel hanya dipasang di bagian dalam pintu sebagai tambahan keamanan. Sehingga, keunggulan kunci ini adalah tidak dapat diakses dari luar.

6. Kunci Pintu Chain Bolt

Chain bolt atau kunci rantai memiliki pengait pada kusen. Sehingga, Anda bisa membukanya sedikit tapi tetap aman dan tidak dapat diakses orang lain. Keunggulannya tentu agar orang lain tidak akan dapat mengakses pintu Anda. Sehingga, Anda bisa merasa aman di rumah atau bahkan saat di luar rumah.

7. Kunci Pintu Gembok Cakram

Kunci gembok cakram biasanya digunakan sebagai keamanan tambahan. Dari segi ketangguhan memang tidak dapat diragukan lagi. Hanya saja, dari segi estetikanya kurang. Oleh sebab itu, jenis kunci ini lebih sering digunakan untuk kunci gudang atau gerbang. Dengan keunggulan sulit untuk dibobol orang lain.

8. Kunci Pintu Elektronik

Kunci pintu elektronik

Jenis kunci berikutnya adalah pintu elektronik yang tidak memerlukan lagi anak kunci atau gagang pintu. Meski saat ini ada kunci kombinasi yang konvensional dan elektronik.

Tingkat keamanannya jauh lebih baik karena menggunakan sensor, password, atau kartu. Dari segi estetikanya, jenis kunci ini terlihat elegan dan trendy. Keunggulannya adalah sangat aman dan kemungkinan kebobolan rendah.

Itu dia beberapa jenis kunci pintu terbaik untuk rumah yang masih baru. Segera tentukan jenis kunci terbaik untuk pintu rumah baru Anda. Pastikan pilih yang terbaik dan aman.

Jika Anda membutuhkan kunci pintu untuk rumah dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Selain kunci pintu untuk rumah kami juga menjual berbagai macam door pull, door closer, pegangan pintu, body kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Related Articles

Share this article
BACK