26 Jul 2022

Kenali Berbagai Fungsi dan Jenis Alat Cat Tembok!

Kenali Berbagai Fungsi dan Jenis Alat Cat Tembok!

Mengecat rumah atau ruangan merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Tetapi memang diperlukan adanya keterampilan khusus agar hasil yang diperoleh dapat maksimal dan memuaskan. Karenanya, diperlukan latihan khusus untuk dapat mempelajari berbagai teknik mengecat yang baik dan benar.

Sebelum melakukan pengecatan, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis peralatan yang perlu disiapkan hingga fungsi masing-masing alat tersebut. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dari kegiatan pengecatan yang dilakukan.

Artikel berikut akan menjelaskan mengenai berbagai jenis alat cat dan fungsinya. Simak penjelasan dan informasi lengkapnya pada ulasan berikut.

1. Amplas

Amplas atau juga dikenal dengan nama kertas pasir, merupakan suatu alat yang memiliki sisi permukaan yang kasar. Alat ini dapat Anda gunakan untuk menghaluskan permukaan tembok yang kasar. Sehingga, memudahkan pengaplikasian cat.

2. Dempul

Plamir tembok atau dempul memiliki fungsi untuk dapat meratakan, memuluskan, dan mengisi retakan pada permukaan dinding tembok yang biasanya bertekstur, berlubang, atau bahkan tidak rata. Selain membantu proses pengecatan, dempul juga mampu membantu Anda untuk membuat tampilan dinding terlihat lebih prima.

3. Kape atau Scraper

Kape merupakan salah satu alat pengecatan yang berfungsi untuk mengerok cat lama atau menambal lubang dan retakan pada tembok dan lantai. Selain itu, ukuran kape yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula. Karenanya, pastikan Anda menggunakan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Kuas Cat

Kuas cat merupakan salah satu peralatan yang sangat krusial dalam kegiatan pengecatan. Terdapat beberapa variasi ukuran dari kuas cat yang disesuaikan dengan tujuan dan penggunanya, yaitu ukuran 1″, 11/2″, 2″, 21/2″, 3″, dan 4″.

Peralatan ini dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan cat pada dinding atau tembok yang tidak terlalu luas. Agar hasil pengecatan terlihat rata dan memuaskan, Anda perlu selalu membersihkan kuas dari sisa-sisa cat setiap selesai digunakan. Sehingga, juga akan lebih awet untuk digunakan berkali-kali.

5. Kuas Roll

Kuas roll

 

Selanjutnya, peralatan cat yang dapat Anda gunakan adalah kuas roll. Anda dapat menggunakan alat ini mengecat permukaan dinding atau plafon yang relatif luas dengan hasil pengecatan yang lebih rata, halus, dan cepat diselesaikan.

Kuas roll umumnya dibedakan menjadi dua jenis ukuran, yakni besar dan kecil. Kuas roll besar digunakan untuk melakukan pengecatan pada area yang luas seperti plafon dan dinding. Sedangkan, kuas roll kecil digunakan untuk pengecatan area yang sulit dijangkau atau kurang rata.

6. Papan atau Baki Cat

Alat yang satu sangat mudah Anda jumpai dalam berbagai kegiatan pengecatan. Fungsinya adalah untuk menjadi tempat penampung cat yang nantinya digunakan. Selain itu, baki cat juga berfungsi untuk melapisi dan meratakan cat pada kuas roll.

7. Spray Gun

Spray gun merupakan salah satu jenis alat cat modern yang bekerja dengan menggunakan udara kompresor untuk mengaplikasikan cat pada permukaan dinding, kayu, atau besi. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda ketika Anda menggunakan obat anti serangga. 

Demikian beberapa penjelasan mengenai fungsi dan jenis-jenis peralatan cat tembok bagi Anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai rekomendasi pilihan Anda dalam mengenali berbagai fungsi dan jenis peralatan cat tembok sebagai salah satu komponen penting dalam perancangan desain interior.

Jika Anda sedang mencari kuas cat tembok dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual kuas cat tembok, kami juga menyediakan kuas cat roll. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK