29 Jul 2022

Pastikan Rumah Anti Maling Dengan Tips Rumah Aman Berikut!

Pastikan Rumah Anti Maling Dengan Tips Rumah Aman Berikut!

Liburan menjadi salah satu kata favorit bagi siapapun dan kalangan manapun tanpa pandang usia. Setelah padatnya aktivitas sehari-hari, liburan merupakan mimpi bagi setiap orang yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan.

Setidaknya setiap orang menyempatkan satu hingga dua hari dalam satu minggu, terutama pada akhir pekan untuk melarikan diri dari sumber stress yang disebabkan oleh pekerjaan maupun sekolah. Tak jarang orang mengambil cuti kerja dan sengaja meluangkan waktu untuk menghindari padatnya lalu lintas pada hari libur.

Rencana liburan idealnya dilakukan bersama dengan keluarga. Selain untuk melepas stress, liburan bersama keluarga dapat meningkatkan rasa saling memiliki antar keluarga serta meningkatkan keintiman hubungan keluarga. Beberapa destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di antaranya gunung, pantai, danau, atau tempat lainnya. 

Namun bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh, tentu saja timbul kekhawatiran terkait keamanan rumah Anda, bukan? Apalagi untuk ditinggalkan berhari-hari lamanya.

Hal tersebut sangat wajar terjadi, karena kejahatan akan terus dilakukan selama ada kesempatan. Sehingga hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan memastikan tidak ada kesempatan bagi maling untuk menerobos masuk ke dalam rumah Anda. 

Tetapi Anda tidak perlu lagi khawatir, berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai tips rumah aman dari maling dan bencana tak terduga. Cermati dengan baik, ya!

Liburan Tenang, Rumah Tetap Aman

Ilustrasi barang berharga di rumah

Tujuan utama liburan adalah untuk melepas stress dari segala beban pikiran yang menghantui keseharian Anda. Tetapi apa jadinya jika sarana penyegaran pikiran ini terganggu karena besarnya kekhawatiran akan keamanan rumah?

Tentu saja hal tersebut akan merusak rencana liburan Anda bukan? Terlebih ketika pikiran Anda terbebani saat liburan, hal ini bisa merusak suasana liburan keluarga.

Jika Anda ingin mencegah hal tersebut terjadi dan menginginkan liburan ideal yang mengasyikan juga tenang, maka persiapan harus dilakukan dengan baik. Pastikan rumah anti maling dengan tips rumah aman berikut.

1. Amankan seluruh barang berharga

Tips rumah aman pertama adalah pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan khusus yang tersembunyi atau memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk menyimpan barang berharga tetap aman disaat kemungkinan terburuk terjadi yakni maling berhasil masuk.

2. Selalu mengunci pintu dan jendela

Celah rumah merupakan jalur utama maling bisa masuk ke dalam rumah. Sehingga sebelum bepergian pastikan untuk menutup seluruh akses ini dengan mengunci serta menutupnya dengan rapat.

3. Gunakan lampu otomatis

Lampu otomatis bekerja dengan mendeteksi pergerakan. Hal ini berfungsi juga sebagai pendeteksi maling dimana lampu akan menyala ketika maling berusaha membobol rumah Anda.

4. Matikan arus listrik

Selain maling, memastikan rumah aman dari bencana termasuk kebakaran harus dilakukan. Oleh karena itu, matikan arus listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran selama Anda bepergian.

5. Beritahukan tetangga tentang rencana liburan Anda

Tips rumah aman terakhir ini dilakukan agar tetangga mengetahui keberadaan Anda ketika ada seseorang yang mencari dan berusaha masuk ke dalam rumah.

Itu dia sedikit tips rumah aman yang bisa Anda lakukan untuk memastikan rumah aman. Namun untuk memastikan rumah yang jauh lebih aman, Anda dapat mengikuti tips rumah aman secara lengkap pada artikel 8 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Rumah Saat Berlibur

Tips Rumah Aman Anti Maling

Tips rumah aman

Mendekati liburan keamanan rumah menjadi sangat mengkhawatirkan. Pasalnya sudah banyak diketahui bahwa sebagian besar orang meninggalkan rumahnya ketika memasuki masa liburan. Hal ini tentu saja menjadi kesempatan besar bagi orang yang memiliki pikiran buruk untuk menerobos masuk ke setiap rumah dan mencuri harta.

Kesempatan maling untuk menerobos masuk juga semakin meningkat karena umumnya keamanan pada masa liburan cenderung berkurang dibandingkan dengan hari biasa. Hal ini tentu saja meninggalkan rasa tidak tenang bagi orang yang hendak melakukan liburan panjang. 

Sehingga untuk memastikan rumah aman dari potensi kejahatan akibat pencurian, Anda harus mengamankan seluruh aset dalam rumah. Berikut merupakan beberapa tips rumah aman dari maling:

1. Memasang kunci ganda

Tips rumah aman anti maling pertama adalah dengan memastikan potensi akses keluar masuk maling dijaga dengan baik. Hal ini dapat Anda lakukan dengan memasang pengaman berupa slot, rantai, atau gembok pada jendela dan pintu yang hanya bisa dibuka dari dalam rumah. Untuk mengetahui cara memilihnya, Anda bisa membaca artikel berjudul Pahami Seleksi Gembok Pagar Rumah Anti Bobol sebelum Membeli.

2. Memastikan rumah selalu terang

Maling banyak melakukan aktivitasnya pada malam hari agar tidak terlihat oleh siapapun. Sehingga dengan membiarkan rumah terang, Anda mengurangi potensi maling menerobos.

3. Sediakan sistem keamanan anti maling

Di era modern ini terdapat berbagai jenis keamanan yang bisa Anda pilih di antaranya alarm, CCTV, hewan peliharaan, dan masih banyak lagi. 

4. Memasang kamera pengawas

Salah satu sistem keamanan terbaika adalah CCTV. Dengan memasang perangkat ini, Anda dapat mengawasi gerak-gerik maling.

5. Mengamankan jaringan wi-fi

Selain maling dalam bentuk fisik atau harta, majunya teknologi memungkinkan untuk dilakukan pencurian data pribadi melalui wi-fi. Jadi, selalu pastikan wi-fi Anda mati sebelum melakukan perjalanan jauh.

6. Menjaga halaman rumah tetap bersih

Tips rumah aman terakhir dilakukan untuk memberi peringatan tak langsung pada maling. Rumah terawat mengindikasi adanya penghuni dalam rumah sehingga maling enggan untuk menerobos masuk.

Demikian penjelasan singkat untuk memastikan rumah tidak dibobol maling. Tips rumah aman anti maling secara lengkap dapat Anda baca pada artikel 10 Tips Ampuh Agar Rumah Anda Anti Maling

Tips Menjaga Keamanan Rumah Paling Efektif

Mengunci rumah untuk keamanan

Selain saat bepergian jauh, keamanan juga perlu dijaga saat Anda berada di dalam rumah. Kejahatan karena maling juga mungkin terjadi dan dilakukan saat Anda serta keluarga Anda sedang tertidur.

Meskipun pencurian tidak diharapkan siapapun, namun ketika maling menerobos masuk pencurian menjadi hal yang cukup melegakan. Hal ini tidak sebanding dengan skenario terburuk yakni pembunuhan akibat maling yang ketahuan oleh pemilik rumah.

Sehingga berdasarkan hal tersebut memastikan rumah aman kapanpun sudah menjadi kewajiban bagi para pemilik rumah. Tips rumah aman berikut dapat Anda perhatikan untuk menjaga ketenangan Anda ketika beristirahat.

  1. Sebelum tidur pastikan untuk mengunci jendela dan pintu dengan baik

  2. Memasang kamera pengawas dan pastikan kamera tersebut berfungsi terutama ketika malam hari

  3. Bersihkan sampah di halaman rumah Anda agar tidak berserakan

  4. Pastikan untuk membersihkan taman di halaman rumah Anda, jangan biarkan rumput memanjang

  5. Kunci dan amankan garasi serta simpan barang berharga pada tempat khusus yang terlindungi dengan baik

  6. Nyalakan lampu saat malam hari

Sekian tips rumah aman sederhana yang dapat Anda lakukan sebelum beristirahat. Tips lainnya dapat Anda baca pada artikel 11 Cara Efektif Menjaga Keamanan Rumah Anda

Memilih Gembok Dengan Tingkat Keamanan Tinggi

Gembok untuk mengunci

Pada tips rumah aman sebelumnya telah disinggung bahwa salah satu cara untuk menjaga keamanan rumah adalah dengan mengunci jendela dan pintu dengan perangkat pengaman yang memadai. Salah satu perangkat tersebut adalah gembok.

Tetapi memilih gembok tidak boleh dilakukan secara sembarangan, lho! Maling memiliki seribu satu cara untuk membobol rumah Anda, termasuk dengan mencoba membuka gembok. Beberapa jenis gembok berikut bisa menjadi referensi Anda dalam memilih gembok.

  • Gembok kode nomor, jenis gembok yang hanya dapat dibuka dengan beberapa kombinasi angka yang telah Anda atur.

  • Gembok berbahan kuningan, gembok konvensional dengan material kuat sehingga sulit untuk dihancurkan.

  • Gembok model chrome, gembok berbahan besi dan stainles steel serta berukuran besar untuk penjagaan ekstra.

Informasi mengenai jenis gembok dapat Anda peroleh pada artikel Amankan Rumah dengan Gembok, Simak Beberapa Tipsnya! 

Sekian beberapa tips rumah aman untuk memastikan keamanan rumah baik saat beristirahat ataupun ketika bepergian jauh. Selalu lakukan tips keamanan tersebut sebagai bentuk waspada dan mencegah musibah datang menimpa Anda.

Jika Anda sedang mencari gembok rumah dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual gembok rumah, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti engsel pintu, door closer dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan

Related Articles

Share this article
BACK