26 Jul 2022

Kenali Beberapa Manfaat Penggunaan Pintu Tutup Otomatis!

Kenali Beberapa Manfaat Penggunaan Pintu Tutup Otomatis!

Door closer atau yang juga dikenal sebagai alat penutup pintu secara otomatis merupakan salah satu jenis pintu yang selalu dalam keadaan tertutup. Door closer merupakan bagian penting yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi berbagai jenis kebutuhan perlengkapan pintu. Sehingga, pintu dapat berfungsi secara optimal dan maksimal.

Cara Kerja Door Closer

Sebagai pintu tutup otomatis, door closer memiliki per yang berfungsi untuk selalu menarik atau menutup pintu setelah dibuka secara otomatis. Cara kerja pada komponen per tersebut sangat dipengaruhi oleh adanya cairan pelumas hidrolis untuk mengontrol laju atau bantingan pintu agar tidak keras saat sedang menutup.

Jenis-Jenis Door Closer

Door closer

Jenis-jenis door closer dapat dibedakan berdasarkan peran dan fungsi dari lengan pintu yang merupakan penghubung antara badan door closer dengan kusen pintu. Setidaknya terdapat dua jenis lengan door closer yaitu reguler arm dan hold open arm. 

Reguler arm merupakan jenis lengan pintu yang berfungsi untuk menutup secara otomatis segera setelah pintu dibuka. Sedangkan, hold open arm merupakan lengan pintu yang berfungsi untuk dapat membuat pintu tetap terbuka ketika diperlukan.

Manfaat Door Closer

Terdapat beberapa manfaat door closer yang dapat memaksimalkan berbagai kegiatan dan aktivitas Anda sehari-hari. Manfaat penggunaan door closer tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Keamanan Terjaga

Manfaat pintu tutup otomatis atau yang juga dikenal dengan istilah door closer yang pertama yaitu dapat membantu Anda untuk mengurangi berbagai risiko keamanan yang timbul. Penggunaan door closer mampu mengurangi resiko keamanan yang timbul akibat adanya niat orang tidak bertanggung jawab untuk memasuki ruangan.

2. Mampu Menghemat Energi

Penggunaan door closer juga dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran biaya pendingin ruangan dalam suatu ruangan ber-AC. Hal tersebut karena penggunaan jenis pintu ini dapat membantu efisiensi kerja mesin pendingin ruangan karena pintu selalu dalam keadaan tertutup. 

Demikian beberapa penjelasan mengenai beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dari penggunaan pintu tutup otomatis atau door closer dalam berbagai aktivitas maupun kegiatan sehari-hari. Semoga artikel tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai pertimbangan Anda untuk memilih penggunaan door closer berdasarkan peran fungsi dan kegunaannya.

Jika Anda sedang mencari door closer dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual door closer, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti engsel pintu, gagang pintu dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK